Begini Cara Ku Mengatasi Pilek Tanpa Demam Pada Bayi



Beberapa waktu lalu, Hanan mengalami pilek. Sepertinya faktor daya tahan tubuh Hanan yang menurun dan nggak siap menghadapi perubahan cuaca.


Beruntungnya, pilek Hanan saat itu nggak disertai demam dan batuk. Cuma flu tok dengan hidung meler saja. Hanan nggak rewel dan masih mau nen. Hanya saja saat hidungnya mampet, dia panik dan marah-marah juga. Huhu.

Cara Mengatasi Pilek Tanpa Demam Pada Anak

Karena pileknya nggak disertai demam dan batuk, aku nggak memberikan obat apa-apa untuk Hanan. Sebisa mungkin ikhtiar meminimalisir penggunaan obat-obatan. Beberapa treatment yang aku lakukan ke Hanan saat pilek tanpa batuk dan demam antara lain: 

  1. Nebulizer / beruap

Opsi pertama yang ku lakukan jika Hanan pilek adalah dengan nebulizer biar hidungnya nggak mampet. Nebulizer adalah alat yang dapat mengubah obat cair menjadi uap. Biasanya diletakkan langsung ke hidung untuk dihirup uapnya.


Bayi menggunakan nebulizer 

Opsi lain jika nggak ada nebulizer, aku pakai metode beruap dengan air panas yang ditetesi minyak kayu putih untuk Hanan hirup diatasnya. Ini beneran ampuh dan low budget. Aku juga baru-baru ini mempraktekkannya dan cocok.

  1. Berjemur di bawah sinar matahari

Kalau terik matahari sedang bersahabat, aku nggak melewatkan waktu untuk berjemur. Ikhtiar menggunakan kekuatan alam hihihi. Biasanya baju Hanan ku lepas agar sinar matahari bisa langsung ke kulit Hanan. Nggak perlu lama, cukup sekitar 10 menit.

  1. Lebih sering menyusui

Hanan pilek tapi masih mau nen, lebih ringan langkah emak dalam membersamai Hanan yang lagi sakit. Proses penyembuhan Hanan yang sakit memang lebih cepat jika Hanan sering disusukan. Selain itu ASI juga bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan Hanan.

  1. Mengoleskan essential oil khusus bayi

Dari awal aku biasa pakai Cessa, tapi baru-baru ini aku lagi coba merk Moell. Moell wanginya lebih light dan soft menurut ku. Keduanya berpengaruh juga untuk meringankan pilek Hanan. Pastikan gunakan sesuai anjuran pemakaian dan jangan berlebihan. Khawatir berefek ke kulit bayi yang masih sensitif.

  1. Menyalakan humidifier 

Saat tidur, bisa jadi waktu yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan Hanan. Salah satunya dengan menyalakan humidifier yang sudah diteteskan essential oil ini. Manfaat humidifier saat sudah punya bayi ini sudah pernah aku bahas disini. Kalian yang masih bingung mau beli humdifier apa juga bisa membaca rekomendasi ku disini.

PURE Inhalant Decongestant Oil, Melegakan Pernafasan Hanan

Bersamaan dengan treatment yang aku lakukan, aku terbantu sekali dengan adanya PURE Inhalant Decongestant Oil ini. Bukan endorse, tapi aku merasa produk ini bermanfaat makanya pengen berbagi. Siapa tahu para Moms ada yang merasakan hal serupa.


PURE Inhalant Decongestant Oil ini bukan essential oil yang dioleskan ke tubuh anak ya. Penggunaannya bisa dibantu dengan humidifier atau dioles ke sapu tangan dan diletakkan dekat bayi. Tujuannya supaya aromanya terhirup langsung ke hidung bayi. Prinsipnya kurang lebih seperti nebulizer, tapi ini versi lebih praktisnya.



Sebab lebih praktis ini makanya aku nggak segan untuk membeli. Harganya lumayan tapi masih worth it karena bisa bermanfaat banyak saat anak pilek.

Untuk Hanan sendiri, Alhamdulillah.. pileknya bisa sembuh tanpa minum obat setelah aku menerapkan treatment diatas. Terutama menggunakan PURE ini, tidurnya jadi lebih nyenyak. Tidur yang cukup dan berkualitas membuat proses penyembuhan jadi lebih cepat.

Tidak ada komentar

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini