Review Buku Blogging For Moms by Novarty, Cerita Konsisten Ibu Ngeblog

 


Menjadi mom blogger adalah salah satu cara Ibu agar tetap berdaya. Iming-iming memiliki penghasilan dari profesi blogger menjadi angin segar bagi Ibu Rumah Tangga. Terutama yang hobi menulis. Namun apakah hanya dengan menjadi mom blogger, penghasilan itu bisa datang dengan sendirinya?


Buku Blogging For Moms hadir sebagai panduan memulai blog sampai bisa menghasilkan, juga cerita lika-liku seorang mom blogger dalam mengelola blognya. Nah, seperti apa detail isinya? Simak sampai selesai, ya.

Deskripsi Singkat Buku Blogging For Moms

Judul Buku: Blogging For Moms

Penulis: Novarty

Cover: Softcover

Penerbit: Stiletto Book

Cetakan : ke-1 Januari, 2024

Jumlah halaman: vii + 203 halaman

ISBN: 978-623-409-354-4

Kategori: Non Fiksi + Pengembangan Diri


Mom Blogger memiliki keunikan tersendiri. Kehidupan ibu yang istimewa, berhasil melahirkan sudut pandang yang berbeda. Menjadi mom blogger bukan hanya membuat diri ibu lebih produktif dan berkembang, namun banyak brand yang mengajak kerja sama, juga akan membuka peluang penghasilan.


Buku Blogging For Moms berisi panduan untuk memulai menjadi mom blogger, mengelola blog hingg dilirik brand, hingga personal branding. Sangat mudah diikuti, jelas, dikemas sederhana dan sesuai realita dunia blogging saat ini.

Review Buku Blogging For Moms

Buku ini menjawab keresahan dan kebingungan pemula dalam memulai blogging. Nggak heran kenapa isinya relate, sebab ditulis langsung berdasarkan pengalaman penulisnya. Novarty, ibu rumah tangga yang sudah menekuni blogging selama lebih dari 5 tahun.


"Kamu bukan berhenti kerja, tapi hanya pindah lokasi kerja."


Pembahasan di bukunya juga lengkap. Mulai dari kenapa harus jadi mom blogger, cara praktis membuat dan mengisi blog, sampai bagaimana cara blog tersebut bisa menghasilkan. Tuntas dibahas semua di buku ini.


Yang paling aku suka, ada kolom do and don’t nya. Kolom do, memungkinkan kamu untuk mempraktikkan langsung isi dari buku ini. Sedangkan don’t meng-highlight apa yang nggak boleh kamu lakukan dalam blogging.


Selain itu langkah-langkah dalam memulai bloggingnya juga runut dan jelas. Dilengkapi dengan gambar dan tabel, yang memudahkan kamu untuk memahami pembahasan didalamnya.


"Terkadang kita overthinking duluan sebelum memulai hal baru. Lebih cenderung memikirkan kesulitannya alih-alih mengambil langkah awal. Padahal semua kesulitan itu belum tentu terjadi."


Buku ini sudah kayak guide yang memandu pemula dalam mempelajari dunia blogging. Namun bagi ku, buku ini seperti teman yang mengerti kegalauan ku ketika down dalam mengelola blog. Makanya aku suka baca-baca lagi buku ini untuk memantik semangat. Tapi karena keseringan dibuka, cover bukunya jadi agak lecek. Huhuhu.


Overall, buku ini aku rekomendasikan sekali untuk para Moms yang mau belajar blogging dan yang masih struggle dengan blog. Mau sungkem deh, sama Kak Novarty yang sudah mencurahkan waktunya untuk menulis buku ini. 


Ditambah lagi ada bab yang khusus membahas tentang tantangan seorang Ibu dalam blogging. Semuanya sudah pernah ku alami. Huhuhu, berasa nggak sendirian lagi nggak, tuh. Ternyata segala kendala yang aku alami, juga dirasakan oleh Ibu lain.


"Overthinking will killing you."

 

Tentang rate card juga dibahas disini. Rate card penting loh, bagi seorang blogger dan pekerja kreatif lainnya. Dulu aku pernah ditanya rate card dari klien, tapi karena belum punya, aku jawab samain aja sama blogger lain. Terus dikasih nominal yang menurut ku masih lumayan banget buat jajan.


Kesannya nggak profesional banget yak. Dulu masih pemula nggak paham aku tu sama yang beginian. Makanya beruntung sekarang sudah ada buku Blogging For Moms.


"Penting untuk me-manage ekspektasi dan meredam ambisi."


Buat yang tertarik pengen punya juga, kamu bisa hubungi dm Instagram Kak Novarty ya di @novarty_. Aku beli langsung dari beliau pas awal open PO pertama dengan harga Rp. 78.000,-.


Sekian dulu review buku Blogging For Moms, semoga ada manfaat yang bisa diambil.


"Pokoknya pilihannya hanya dua, terpaksa atau tidak menulis sama sekali."

13 komentar

  1. aaah keren sekali emang mba novarty ini, pengen bisa nulis perjalananku juga deh dari ngeblog sampe bisa dapet cuan hihi.. inspiratif mba bukunya

    BalasHapus
  2. Wah...ada bukunya kak Novarty. Blogger sejati itu mah. Bagus nih, walaupun udah jadi blogger yang sering menang lomba, malah berbagai do's and dont's nya. Salut...

    BalasHapus
  3. ini buku solo mbak novarty ya? keren euy sudah punya 2 buku solo mbak novarty mana kalau lomba blog juga menang terus

    BalasHapus
  4. Huwaaa pengen baca deh bukunya Mba Novarty, keren banget udah lama ngeblognya ya. Menginspirasi banget nih bisa menghasilkan uang dari blogging.
    Pengen banget bisa produktif melalui blogging :)

    BalasHapus
  5. waah keren mbak Novarty sudah menceritakan pengalamannya menjadi sebuah buku. Padahal aku juga ngeblog tapi belum bisa melakukan hal yang sama. Salut

    BalasHapus
  6. Salut sih sama mba novarty, sering menang lomba dan orangnga humble banget. Keren euy... Panutan..

    BalasHapus
  7. Cakep banget insight dari membaca buku Blogging For Moms by Novarty.
    Karena ka Novarty juga memang menekuni dunia blogging dengan sungguh-sungguh, sehingga saat berbagi pun terasa begitu "dalam" bahasannya. Menjadi penguat tersendiri bagi para mom blogger yang barruu aja menekuni dunia blogging.

    BalasHapus
  8. Ternyata Mbak Novarty "baru" menekuni dunia blogging selama lima tahun. Mengingat prestasinya yang mentereng, saya pikir beliau sudah sangat lama ngeblognya. Luar biasa.

    BalasHapus
  9. Kak Novarty emang kereeen banget... Saya pernah ikut webinarnya Kak Novarty ketika masa PO buku ini. Menginspirasi banget dan ampuh bikin ibu2 macem saya kembali bersemangat ngeblog lagi, hehe...

    BalasHapus
  10. Wah keren bukunya punya Mba Novarty ya, penasaran pengen baca jadinya, sudah tidak diragukan lagi ya sepak terjangnya dalam dunia blogging, bakal bermanfaat banget buat para mom

    BalasHapus
  11. daging semua ya isi bukunya, kalau dibaca sama moms blogger bakal relate banget dong

    BalasHapus
  12. Bagus juga bukunya kunjungi balik KA https://www.brigness.xyz

    BalasHapus

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini